Tapal kuda di atas pintu itu

Tapal kuda, menurut wikipedia indonesia diartikan sebagai nama sebuah kawasan di provinsi Jawa Timur, tepatnya di bagian timur provinsi tersebut. Dinamakan Tapal Kuda, karena bentuk kawasan tersebut dalam peta mirip dengan bentuk tapal kuda. Kawasan Tapal Kuda meliputi Pasuruan (bagian timur), Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi.

yang saya maksud disini, dalam arti yang sebenarnya. yaitu sepatu kuda. yang terbuat dari besi, dengan 3/4 diameter lingkaran dan lebar sekitar 3-4 cm, dan di paku di kuku kuda.

Kebetulan pintu kos-as saya yang berlokasi di Magersari IV no 108 itu berada di depan sendiri, banyak hal-hal aneh dan unik yang saya temukan disini, termasuk salah satunya sebuah tapal kuda berkarat yang terbuat dari besi, dengan panjang sekitar 10cm dan lebar 4cm digantung begitu saja di atas pintu kos-an kamar saya. selidik-punya selidik, setelah saya gugling sana sini, tapal kuda ito bisa buat penangkal ilmu hitam, benarkah?saya pribadi tidak percaya sama hal gituan karena menjerumus ke perbuatan musyrik.

dari salah satu thread di detik forum mengenai kebiasaan naruh tapal kuda di atas pintu ini banyak menimbulkan spekulasi dari beberapa member diantaranya:

Nit2 : Tapal kuda kan keras.. trus juga berguna buat nyambit org.. hehe..
mungkin itu salah satu alasannya banyak org nyimpen tapal kuda hehe..

Huckleberryfinn : Memang ada keyakinan bahwa besi tapal kuda (terutama yang bekas dipake, semakin tua dan semakin berkarat semakin bagus) memang tokcer untuk dipake menangkal ilmu hitam.

Besi sendiri salah satu jenis logam yang istimewa (ada surah al hadiid kan), terlebih lagi yang tiap hari dihantamkan ke bumi, semakin banyak hantaman semakin besar daya tolaknya. Perkakas besi yang tiap hari menyentuh bumi kan tapal kuda itu…

Banditgurun: ada apa dgn tapal kuda ?
yg ngetop itu si kuda yachh…setthhh dachh, kalau onta kapan ngetop
tapal kuda di tarok di depan pintu itu dlm agama islam adalah “syirik ” hukumnya…sama dgn nyembah dan minta berkah di kuburan keramat/pemuka agama,dll.
ntar dechh…ane akan import tapak onta ke indonesia…..

Jadi semakin jelas kan, g usah deh percaya sama gituan. kayag ga ada kerjaan laen aja pake masang2 tapal kuda di atas pintu *suara lirih, takut di usir bapak kos*

Tapal kuda di atas pintu itu

gimana dengan ente? masih suka naroh tapal kuda di atas pintu? percaya sama hal gituan?

emoticon Pictures, Images and Photos

Share this

Komentar

  1. Riffy says:

    oh… begono …

    1. embun777 says:

      g usah deh.. percaya sama gituan..
      serem amit yaa..?

  2. isti says:

    Serem ah..takut jadinya malah sirik!

    1. wahyu am says:

      setuju 😆
      menjurus soalnya.

  3. Yep says:

    He…he…lier euy 🙂

  4. Kunjungan malam kawan…
    wah beritanya bagus, ayo dukung terus kontes blog alnect komputer!!

    dtggu ya kawan balasan commentx, terima kasih!!

  5. bayu200687 says:

    huahahahaha. kirain di taruh tepat di tengah pintu. biar ga susah2 klo ngetok pintu…
    [jangan sampe musyrik deh..]

    1. wahyu am says:

      hehe, kemungkinan lain itu 😆
      buat ngetok pintu

  6. aris rinaldi says:

    Terima Kasih atas Kunjungan Ke blog saya

    numpang iklan blog baru saya ya
    http://plantanimalia.blogspot.com
    http://arisrinaldi.blogspot.com

    kalau berkunjung jangan lupa kasih coment dan klik2 iklan yah
    anggap aja sedekah

    Terima Kasih

  7. haha.. ad2 aj org indonesia ya… smua aspek slalu ad bagian magic-nya
    tapi sayangnya bg bnyk org daerah di nusantara ini boro2 ngerti gituan n gantung tapal kuda di atas pintu sgala.., liat kudanya aja belum…hihihi..

    1. wahyu am says:

      kuda di dpn rumah banyak noh mas 😀

  8. senny says:

    haha… males banget deh susah2 cari tapal kuda cuma buat percaya takhayul yang kayak gitu…

  9. omiyan says:

    saya malah baru tahu kalau tapal kuda bisa dijadikan sebagai media ilmu sihir

    1. wahyu am says:

      ane juga awalnya g tahu om. dohh…

  10. faza says:

    hadiirr…
    emang gitu ya maksudnya?
    kirain cuma buat lebih gampang ngetuk pintu,
    biar tamu yang dateng ga perlu takut kukunya rusak
    hehehe…
    CU…

    1. wahyu am says:

      buat nyambit kepala orang juga mantap gan 😆

  11. WANDI thok says:

    Wah, ojo main-main karo barang sing bisa kanggo lantaran tumindak syirik mas.

  12. WANDI thok says:

    Nggonaku kok urung melu dilink mas.

  13. miabonita says:

    yae-lah itu kan sama kayak masang cermin di depan pintu hehhehe…

    ati2 lo mas, ntar kejatuhan tapal kuda…kepala benjol dah hihihi..

    bole tak link y…

    salam super!

  14. rigih says:

    kang, melu nge-link juga lah
    [tapal kuda tukune nang ndi c?]

    1. wahyu am says:

      hehe, ane kaga tau gan 😆

  15. classically says:

    Saya baru tahu, mungkin itu hanya kepercayaan masyarakat sekitar saja.. =)

    salam,
    classically

  16. Zie says:

    Yah percuma dunk kalo cuma buat nangkal gituan, tapi kalo orangnya sendiri kelakuannya g bener pasti tetep kena kawan.mending kita perkuat iman dan ketakwaan kpd tuhan YME (Allah) pasti hal2 yang g bener pergi dengan sendirinya insyaallah

  17. alamendah says:

    Tidak dijadikan jimat, kan???!!

  18. sugeng says:

    Aku sudah lama tahu ada pemahaman yang nyeleneh tapi mau gimana lagi ?!? terutama orang2 jadul yang banyak percaya. Aku sendiri punya pengalaman yang unik. Pas jalan ada dokar (bendi) yang liwat di depanku, eh tahu2 tapal kudanya lepas (sais nya gak tahu klolepas) dan terbang di depan ku. Tahu2 orang yang ngeliat pada berebut tuk mengambilnya. huh….benar2 aneh :lol:.

  19. zokugawa says:

    kalo tapal kudad taro d atas pintu gw kg prnah liat jdiny kg percaya… hehehe… mungkin yg d mksd penangkal ilmu hitam yg punya mailng… bru msk udh di timpuk tapal kuda… jdiny tkt… wkwkwkwk…

  20. Jangan percaya deh sama yang gitu”an.
    Itu cuma menjerumuskan kita ke lubang api neraka aja..
    percaya deh….

  21. Mas Akik says:

    hahaha gitu kok repot,masalah syirik enggaknya ya tergantung orangnya to.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *