Perbedaan AMD dan Intel

Tidak dapat dipungkiri bahwa di zaman revolusi industry 4.0 sekarang. Perangkat computer atau laptop sangat dibutuhkan guna menunjang kehidupan sehari-hari. Dalam satu rangkaian Laptop atau komputer terdapat banyak perangkat di dalamnya untuk menunjang sesuai kebutuhan. Salah satu bagian terpenting dalam seperangkat computer atau Laptop, salah satu bagian yang paling vital adalah processor. Oleh sebab itu kita harus mengetahui perbedaan AMD dan Intel karena kedua merk tersebut merupakan produsen utama piranti laptop yang ada di pasar Indonesia.

Processor merupakan bagian terpenting dalam seperangkat Laptop atau computer karena processor merupakan otak pada seperangkat laptop maupun computer. kita dapat mengetahui kira-kira processor seperti apa yang sesuai dengan budget dan kebutuhan kita dengan mengetahui perbedaan keduanya.

Pada artikel ini, kita akan membahas perbedaan dua processor tersebut dengan menyejajarkan antara kelebihan dan kekurangan dari dua processor tersebut. Berikut beberapa ulasan yang dapat dijadikan refrensi ketika anda ingin membandingkan dua produk tersebut.

Baca juga : Domain Promo 2020

Perbedaan Pada Perangkat

AMD dan Intel dalam produksi processor pada dasarnya mempunyai kelas yag sama. Namun dalam segi harga AMD lebih murah dari pada Intel. Walaupun kenyataannya di pasaran laptop dengan perangkat Intel mempunyai pangsa pasar yang lebih luas ketimbang AMD. Ketika anda ingin menilai sebuah processor cara menilai yang paling sederhana adalah dengan memperhatikan clock speednya. Hal demikian dapat dijelaskan dengan sederhana dari operasi yang dapat dihandle tiap detik-nya satuan pada unit tersebut disebut dengan Hertz (Hz). Dari sini saja sudah terlihat bagaimana perbedaan AMD dan intel.

Misalkan 3.0 Ghz. Dengan kapasitas itu kira-kira bisa menghandle 3 miliar operasi perdetik. Tetapi, speed bukan satu-satunya spesifikasi. Selain itu ada Cache onboard dan jeis socket menjadi factor lain yang perlu dipertimbangkan. Ukuran Cache onboard bervairasi antara 512 KB dan 1 MB. Ukuran 1 MB lebih mahal namun performanya tentu saja lebih baik.

Seperti yang telah kita ketahui di atas, bahwa speed bukanlah satu-satunya ukuran ketika membeli processor. Ada baiknya jika membeli motherboard dengan spesifikasi terbaru. Agar computer atau laptop dapat berjalan secara maksimal.

Baca juga : cara membuat blog mudah

Nah setelah mengetahui sedikit tentang bagaimana cara processor bekerja, mari kita lanjutkan dengan pembahasan lebih dalam tentang perbedaan dua korporasi penghasil perangkat tersebut.

Pertama yang perlu kita bahas adalah profil dan produk dari dua perusahaan tersebut.

Intel Corporation adalah perusahaan multinasional yang berpusat di Amerika Serikat. Intel lebih dikekan dengan rancangan dan produksi mikroprosesor yang khusus dalam sirkuit terpadu. Adapun beberapa produk prosessor Intel diantaranya adalah:

1. Intel® Pentium® 4

2. Intel® Pentium® Dual-Core

3. Intel® Core™2 Duo

4. Intel® Core™2 Quad

5. Intel® Core™2 Extrme

6. Intel® Core™ i7

AMD (Advanced Micro Device) adalah perusahaan pembuat sirkuit terpadu, prosesor yang terletak di Sunnyvale, Calivornia, Amerika. AMD merupakan saingan terberat Intel dalam pasar perangkat sistem laptop dan computer. Maka dengan adanya AMD, pasar tidak dimonopoli oleh Intel sehingga dengan adanya AMD pasar system PC akan lebih dapat dikendalikan. Adapun produk AMD diantaranya adalah.

1. AMD Sempron™

2. AMD Athlon™ FX

3. AMD Athlon™ 64

4. AMD Athlon™ X2

5. AMD Athlon™ X3

6. Athlon™ X4

Intel dan AMD memiliki keunggulan sendiri-sendiri. Intel mempunyai keunggulan dimana memory internal prosesornya yang besar membuatnya menjadi lebih kuat dalam hal multi-threading aplikasi. Tetapi dengan kelebihan tersebut maka,untuk mendapatkannya diperlukan harga yang kurang ramah di kantong. Berbeda dengan Intel, AMD melakukakan penanaman memery controller yang sering disebut sebagai Hyper Transport ke dalam prosesor dalam membuat transfer date rate menjadi lebih cepat, tetapi menjadikan memori internal prosesor menjadi kecil.

Berikut kelemahan dan kelebihan dari Intel

  1. Harga prosesor Intel lebih mahal,
  2. Setelah diuji prosesor Intel mempunyai performa yang kuat
  3. Pada Aplikasi multimedia Intel memiliki performa yang lebih kuat
  4. Focus Intel pada kecepatan menghasilkan Intel lebih cepat panas, tetapi intel mampu mengurangi prosesnya sendiri ketika suhu telah naik
  5. Intel memiliki fitur Intel Matric Storage yang berfungsi memaksimalkan kerja prosesor dan membantu dalam memanage memori
  6. Dalam socket Intel tetap mensuport socket jenis lama di pasaran

Berikut kelemahan dan kelebihan AMD

  1. AMD memiliki harga yang lebih terjangkau dari pada Intel
  2. AMD menang dalam prosesor pada aplikasi gamming dan program 3D
  3. AMD memiliki fitur smart detecting. Jadi AMD dapat mendeteksi fitur yang sedang kita gunakan pada saat multitasking, sehingga AMD dapat lebih focus pada aplikasi yang kita gunakan
  4. AMD tidak mudah punas
  5. Dalam uji performa AMD merupakan pilihan kedua setelah Intel
  6. Apabila AMD mengeluarkan socket tipe baru maka socket yan tipe sebelumnya sudah tidak aka nada di pasaran. Sehingga apabila device anda adalah model lama kemungkinan untuk dapat disservice akan lebih sulit jika harus menggantu socket motherboard

Kesimpulan

Sebelum membeli laptop alangkah lebih baiknya anda memahami dulu perbedaan AMD dan Intel agar tidak menyesal ketika sudah membeli unit laptop. Namun semuanya tergantung pada kebutuhan dan kemampuan daya beli anda.

Share this