Penipuan Jual Beli Online

“Sebel banget nih, kayaknya kena tipu deh. udah transfer ke penjualnya barang belum sampe-sampe juga. padahal udah lebih dari 2 hari dari waktu yang dijanjikan. mana sekarang no telpon penjualnya gak bisa dihubungi pula”
“Lah, emang beli apaan bro?” tanya saya
“beli hardisk kemaren di kaskus, udah ditransfer Rp. 375.000. barangnya Hardisk internal 500Gb Second”
“Ati-ati bro, jaman sekarang jangan asal percaya sama orang”

a

Iya, modus penipuan sekarang makin banyak. apalagi jual beli online yang modalnya cuma kepercayaan antara dua belah pihak aja. untung itu pengalaman temen diatas masih kisaran ratusan ribu doang, bahkan saya pernah denger cerita dari temen kakak kandungnya pernah ketipu sampai angka 500an juta akibat modal untuk sebuah proyek bisnis batu bara dilarikan temannya sendiri yang berhianat. sungguh terlalu.

lalu bagaimana saya sendiri, saya juga sering melakukan transaksi secara online. Alhamdulillah sampai sekarang tidak pernah tertipu. jangan sampai deh, tipsnya gampang kok.

    1. Kalau beli di kaskus atau forum-forum lain lihat reputasi dari penjual, testimoni dan postingannnya. kalau kira-kira reputasi dan testimoni bagus. kita lanjut ke poin no 2.
    2. Ada beberapa penjual yang tidak/belum mempunyai reputasi walaupun dia jujur, akan sangat sulit bersaing dengan penjual lain. sebagai pembeli kita bisa menggunakan jasa rekber. atau perantara, sistemnya mudah. kita transfer sejumlah uang yang telah disepakati ke no rekening jasa rekber. uang akan ditahan, baru barang dikirim. setelah barang sampai dan sesuai dengan iklan. maka uang akan diteruskan ke penjual. jadi sama-sama enak juga kan?
    3. Lebih aman menggunakan sistem COD. ketemuan gitu di suatu tempat, sambil ngobrol-ngobrol, ngopi santai. lebih enjoy.
    4. Jangan mudah percaya dengan harga yang murah, cek dulu harga di penjual lain. kalau terlalu murah, kalian patut curiga.
    5. Berdoa. Sesuai Agama dan Kepercayaan masing-masing. mau makan berdoa, mau kerja berdoa, ini mau beli barang online harus doa juga dong biar lancar semua transaksinya dari awal sampai akhir. ya gak?

oke dari saya itu aja sih tipsnya, kalau ada tambahan boleh deh di kolom komentar dibawah 😆
selamat berbelanja.

Share this

Komentar

  1. kangyaannn says:

    belum lama anak saya melakukan transaksi online atas saran temenya yg sudah terbiasa bertransaksi online… alhamdulillah barang yg di pesan terkirim tepat waktu…

    1. airyz says:

      iya kadang rekomendasi seperti itu memang perlu 😀

  2. Kalo ane lebih poin nomor empat gan, soalnya banyak orang yang mudai terbuai dengan harga miring. padahal kalo pake logika, kalo si penjual ngejual dibawah harga standar tinggal di masukin ke toko aja pasti banyak yang langsung nerima gak perlu dipromosiin atau di jual satu-satu.

    1. airyz says:

      bener banget tuh gan. makin marak modusnya sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *