Pengalaman Donor Plasma Konvaselen Semarang

Donor Plasma Konvaselen Semarang

Minggu 11 Juli 2021 pagi Jam 08.30 saya menuju PMI Kota Semarang yang terletak di Jl MGR Soegijopranoto SJ No.31 dan 35 Kel. Pendrikan Kidul, Kec. Semarang Tengah Kota Semarang. Sehari sebelumnya saya sudah berkoordinasi dengan mas rahman melalui WA, petugas yang membantu di unit donor darah untuk dijelaskan syarat dan detail prosesnya. Sejak sembuh di bulan Mei ( Kena Covid? Gimana rasanya ) keinginan untuk donor plasma konvaselen sudah ada, namun masih terganjal karena masih ada gejala batuk. Saat batuk sudah sembuh segera saya koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Sabtu malam sempat ke unit donor RS Kariadi namun masih tutup dan diminta datang kembali hari senin. Akhirnya saya memutuskan untuk donor sukarela melalui PMI Kota Semarang.

Sebelum berangkat, saya mempersiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan. Yakni :

  • Surat keterangan sembuh covid-19 disertai hasil lab Positif dan Negatif Covid-19. jika tidak ada hard copy boleh melalui softcopy – case saya untuk hardcopy sudah diserahkan ke RT RW sebagai bukti sembuh
  • Usia 18 sd. 60 Tahun
  • Berat badan 55Kg
  • Diutamakan laki-laki, jika perempuan belum pernah hamil
  • Tidak ada riwayat menerima transfusi darah selama 6 bulan sebelumnya
  • 14 hari setelah dinyatakan sembuh dan tanpa gejala

Paginya saya hanya diambil sampel darah untuk memastikan masih terdapat antibody covid dan memenuhi persyaratan. Sekitar 4-5 jam hasil lab keluar dan dikabari melalui WA jika sampel memenuhi persyaratan dan bisa melanjutkan proses donor. Sore hari saya sudah kembali ke PMI Kota Semarang untuk pengambilan plasma.

Proses pengambilan sendiri dilakukan selama kurang lebih 1 jam, saat proses tersebut oleh petugas disediakan cemilan, teh manis hangat, fasilitas wifi / tv agar pendonor merasa nyaman. Saat pulang juga diberikan souvenir Tumbler botol minum, popmi, susu, coolant, dan voucher Indomaret 100k. Donor plasma bisa dilakukan rutin dengan durasi 2 minggu sekali. Jika antibodi sudah tidak memenuhi syarat, bisa juga donor trombosit 2 minggu sekali. Antibodi covid menurut petugas memiliki umur sekitar 3 bulan, maka dianjurkan setelah 3 bulan tersebut para penyintas covid harus tetap vaksin untuk booster memperkuat antibodi, dan diperbolehkan donor plasma kembali setelah 2 minggu pasca penyuntikan vaksin. Efek yang ditimbulkan setelah donor dari saya hanya lapar, haus dan mengantuk. Dan pastinya, dengan donor plasma konvaselen ini semoga bisa bermanfaat untuk pasien yang sedang dirawat karena covid. Amiin.

Jika ada pertanyaan silahkan chat WA petugas PMI Kota Semarang di 0858 7913 6656

Share this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *