Peluang bisnis dari ikan sidat

Ikan Sidat (moa, sogili, eel fish, lubang, uling, lumbon, larak, pelus, luncah) yang bahasa latinnya Anguilla sp. dan orang Jepang serta orang asing pada umumnya menyebutnya dengan nama UNAGI saat ini adalah primadona komoditas perikanan yang makin hari makin dicari. Pasar internasional maupun domestik kini semakin terbuka lebar. Negara-negara pengkonsumsi sidat terbesar di dunia seperti Jepang, China, Korea, Hongkong, Taiwan kini mulai melirik Indonesia sebagai pemasok kebutuhan konsumsi sidat mereka. Di pasar lokal sendiri permintaan sidat semakin hari semakin meningkat. Masyarakat kita kini banyak yang mulai menggemarinya. Ini alasan2nya:

Sangat Bergizi

Ikan sidat sangat bergizi. Kandungan vitamin A sidat 45 kali lipat dari kandungan vitamin A susu sapi. Kandungan vitamin B1 sidat setara dengan 25 kali lipat kandungan vitamin B1 susu sapi. Kandungan vitamin B2 sidat sama dengan 5 kali lipat kandungan vitamin B2 susu sapi.

Lebih dari Salmon

Ikan sidat ternyata 2X lebih bergizi daripada ikan salmon. Sidat mengandung DHA (Decosahexaenoic Acid, zat wajib untuk pertumbuhan anak) sebanyak 1.337 mg/100 gram sementara ikan salmon hanya 748 mg/100 gram. Sidat memiliki kandungan EPA (Eicosapentaenoic Acid) sebesar 742 mg/100 gram sementara salmon hanya 492 mg/100 gram.

Meningkatkan Vitalitas

Sidat diyakini mampu meningkatkan vitalitas pria (terkenal dengan efek sarung), memperbaiki pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan tubuh. Juga membuat orang tetap awet serta menjaga stamina dan memperpanjang umur.

Meningkatkan Kecerdasan

Mengonsumsi ikan sidat secara teratur dapat mendorong terbentuknya lemak fosfat dan perkembangan otak besar, serta bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan. Fakta2 membuktikan ibu2 yang pada saat hamil rajin mengkonsumsi ikan sidat akan melahirkan anak yang kecerdasannya di atas rata2.

Prospek Bisnis Cerah

Dari segi bisnis, membudidayakan (atau lebih tepat membesarkan) ikan sidat dipandang sebagai suatu usaha yang berprospek cerah dan sangat menguntungkan. Biaya produksi rendah sementara harga jualnya sangat tinggi. Keuntungannya bisa berlipat-lipat hanya dalam waktu singkat.

Mudah Dibudayakan

Membudidayakan ikan sidat jauh lebih mudah dibanding ikan lain. Bahkan ibu rumah tangga pun bisa membudidayakan ikan ini di sela2 kesibukannya sehari2. Media budidayanya juga gampang. Bisa di akuarium kecil, sepetak kolam di halaman rumah, kolam terpal, kolam fiber, kolam tanah, dan sebagainya.

Berikut isi lengkap paket tutorial yang akan Anda dapatkan:

 Ebook 1: Berkenalan dengan Ikan Sidat (24 Halaman PDF):

Mengenal Nama Sidat Dalam Berbagai Bahasa Daerah dan Umum, Mengenal Jenis2 Sidat, Mengenal Sidat Marmorata (Sidat budidaya), Mengenal Sidat Bicolor (sidat budidaya), Mengenal Ciri2 Fisik Sidat Budidaya, Mengenal Ciri2 Khusus Sidat Budidaya, Memahami Siklus Hidup Sidat, Memahami Reproduksi Sidat, Memahami Kandungan Gizi Sidat, Memahami Kelebihan Sidat Dibanding Salmon, Mengetahui Peluang Bisnis Sidat, Foto2 Ilustrasi Pengenalan.

Ebook 2: Budidaya Sidat (Teknik, Trik, dan Tips) (35 Halaman PDF):

Keberhasilan Budidaya (Syarat2), Lokasi Terbaik Budidaya Sidat (Cara Memilih Lokasi), Air untuk Budidaya (Syarat2 Air yang Baik), Tahap Pendedran I (Tahap Awal Budidaya), Tahap Pendederan II (Tahap Lanjut Budidaya), Tahap Pembesaran (Tahap Akhir Budidaya), Foto2 Ilustrasi Media Budidaya dan Teknik.

 Video Tutorial (Pendalaman) (11 Video MP4):

Mengenal Ukuran2 Ikan Sidat, Mengenal Ukuran Glass Eel dan Elver, Mengenal Ukuran Fingerling, Mengenal Ukuran Konsumsi, Teknik Pembuatan Pakan, Cara Timbang, Cara Packing.

 Video Praktek (Penerapan) (12 Video MP4):

Cara Menyortir Bibit Sidat, Memelihara Sidat Glass Eel di Akuarium, Memelihara Sidat Glass Eel di Bak Atau Kolam Besar, Memelihara Sidat Elver di Bak Atau Kolam Besar, Memelihara Sidat Fingerling di Akuarium, Memelihara Sidat Fingerling di Bak Atau Kolam Besar, Memelihara Sidat Dewasa di Akuarium, Memelihara Sidat Dewasa di Bak Atau Kolam Besar, Cara Sortir Ukuran Konsumsi, Cara Timbang Sebelum Dipacking, Cara Pemberian O2 Sebelum Dipacking, Cara Pengemasan untuk Dijual.

 Video Contoh (Perbandingan) (4 Video MP4):

Budidaya Sidat di Akuarium, Kolam Beton untuk Budidaya, Kolam Tanah untuk Budiaya Sidat, Sistem Pengairan Kolam Budiaya Sidat.

 Foto (Pemantapan) (14 Folder JPG):

Cara Mensortir Bibit Sidat Ukuran Glass Eel, Cara Mengukur Bibit Sidat Ukuran Glass Eel, Mengukur Bibit Sidat Ukuran Elver, Cara Mengukur Bibit Sidat Ukuran Fingerling, Fasilitas dan Media Pakan Sidat di Bak Kecil, Fasilitas dan Media Pakan Sidat di Bak Besar, Contoh Kolam Tembok dan Sistem Pengairan, Contoh Bak Kolam Kecil dan Sistem Pengairan, Contoh Kolam Tanah untuk Pembesaran, Ciri Sidat Konsumsi Siap Panen, Cara Panen Sidat, Cara Panen Sidat 2, Cara Packing Bibit Sidat untuk Pengiriman, Cara Packing Sidat Konsumsi untuk Pengiriman.

Budidaya sidat

Share this