Dibalik pengisian krs udinus 2009

Pengisian KRS Udinus 2009/2010 yang dilakukan secara online melalui alamat siadin.dinus.ac.id atau mahasiswa.dinus.ac.id dengan jadwal Fakultas Kesehatan & Fakultas Bahasa & Sastra : 28 – 29 Juli 2009 Fakultas Ekonomi & Fakultas Teknik : 29 – 30 Juli 2009 Fakultas Ilmu Komputer : 30 Juli – 1 Agustus 2009 Revisi KRS (untuk semua fakultas) : 3 – 6 Agustus 2009 diwarnai oleh banyak sekali masalah.

dimulai dari lambatnya proses loading site, sampai serangan hacker yang melakukan deface terhadap halaman pengisian krs.

Berikut tampilan siadin (sistem informasi akademik) sebelum jam pengisian krs

Photobucket

Siadin diserang oleh hacker kah?

dilihat menggunakan internet explorer sekitar 10 menit setelah proses pengisian krs dimulai

Photobucket

+++ Hey Hokage/babon (Anbu*Team*Sampit), is this my place, wanna start a war +++

dan proses pengisian krs udinus pun berhenti total, site terlihat acak-acakan

Photobucket

bahkan salah satu halaman siadin menyebutkan bahwa saya belum berhak input krs karena masalah keuangan. jelas ini ulah “pengganggu” wong saya udah bebas tagihan πŸ™

Photobucket

seketika status facebook kawan2 sepenjuangan banjir oleh komplain siadin yang erruuuur itu.
g sempet skrinsot πŸ˜† tapi bener dah, begitu g bisa input krs. mahasiswa udinus dengan antusias mencaci maki siadin melalui status di facebook. termasuk saya

Photobucket

Admin yang kewalahan menghadapi tekanan ini dengan sangat terpaksa memundurkan waktu pengisian krs udinus dari sesuai jadwal jam 9 menjadi jam 10 dan diundur lagi menjadi jam 11:30.

saya pribadi sempat berkirim pesan kepada SysAdmin1 Siadin melalui media pesan yang telah disediakan pada sore harinya setelah trafik lancar.

“haduh gan, siadin pas input krs kok kacau gtu to :(“

“biasa… karakteristik pengguna juga ternyata berpengaruh…”

dan menjadi pelajaran kita semua bahwa setiap system yang secure akan lebih mendorong orang-orang peretas untuk menggali lubang-lubang keamanan yang dapat di eksploitasi.

sukses buat siadin. tingkatkan pelayanan terbaik buat kita semua.

salam kenyal gan πŸ˜‰

rabbit cute Pictures, Images and Photos

Share this

Komentar

  1. ak47tya says:

    :mikir: nice info gan. .

    1. wahyu am says:

      tumben kwe mikir cing πŸ˜†

  2. neng oCHa says:

    dd’ku sayang, mau belajar deface juga?? jangan yah…kasian mas purnomo yang udah ngembangin sistem ini selama 5 tahun…kasian juga pak ivan… πŸ™‚ stress banget dia kemarin itu…dibalik itu, sebenernya sayang juga sih kenapa ngga pake SSL aja, jadi relatif aman… tapi ya udahlah, ga banyak informasi berharga yg bisa kamu dapet dari mengiinjeksi database kampus koq! cuma info data mahasiswa, bukan creditcard atau harta warisan :p

    1. wahyu am says:

      aku ajari sek to mbak πŸ™

      kapan

      1. neng oCHa says:

        kamu meh belajar apa?? jangan sama saya deh! saya dah ndak mau bertindak kriminal lagi πŸ˜€

  3. ZonS says:

    wah, jadi rada ngeri sama akun di internet, terutama yg berisi duit πŸ™
    nice info bro

    .

    1. wahyu am says:

      oke gan πŸ˜‰

  4. galz25 says:

    info ya mas…blog sy kena suspend ndak tau knapa, apa krn sy posting bisnis5milyar sialan itu atao knapa? sy udah info ke bebrapa temen2 jg….

    ini nih warningnya :yang menyebalkan :

    This blog has been deactivated because we believe it does not comply with the WordPress.com Terms of Service or advertising policy.

    If your blog is designed to promote affiliate links, get rich quick programs, banner ads, consists solely or mostly of duplicate or automatically generated material, or is part of a search engine marketing campaign, WordPress.com is not the place for you. Please use the Export feature to move your content to a more appropriate hosting service.

    Occasionally we make mistakes. If you believe we have misclassified your blog, please click here to contact us as soon as possible so we can fix the problem.

    mkasih ya

  5. Ngatmin says:

    wehh… screen shot yang kedua gue koq ndak dapet laporan dari webmaster ya ? dan kebetulan 10 menit setelah krs dimulai, gue pas tugas keluar, dan ternyata database-nya nge-lock, jadi nggak ada proses yang masuk ke database… dapet dari mana screent shot kedua ? itu local injection ya ?

    karakteristik pengguna-nya, ternyata anak-anak sti lebih aktif manfaatin seluruh fasilitas siadin ketimbfang fakultas2 yang lain, jadinya yang sibuk tidak hanya krs doang, tapi semuanya ikut sibuk, jadinya loadnya tinggi banget…

    tapi it’s ok.. kita udah review seluruh aktifitas ini, dan kita juga terima kasih sekali dari uji coba full online yang pertama ini, kita dapat banyak sekali pengalaman dan masukan untuk memperbaiki kinerja sistem… semoga yang akan datang dapat lebih lancar lagi…

    hidup mahasiswa…. πŸ™‚

    1. wahyu am says:

      hehehe, makasih udah komen mas ngatmin πŸ˜†

  6. ~noe~ says:

    diriku masuk ke sini dari botd growing up lho, om
    mantabs.
    lanjutkan…
    masa bodoh dengan KRS, nyang penting ngeblog jalan terus…
    jiahaha…

  7. mas linknya sudah saya pasang di web saya,,,,yang saya juga donk mas jangan lupa di pasang

  8. kawanlama95 says:

    wah ngisi krs pake sistem online juga toh , waktu kuliah dulu belom pake sekarang udah kali ye di kampusku. biarin aja yang penting nanti terdapatar juga kan

  9. celoteh says:

    memang di dunia online mesti ati-ati yah,….
    good post πŸ˜‰

  10. intinya bahwa pentingnya keamanan pada sebuah sistem komputer juragan,,,,
    secure your pc,secure tour wireless.
    jakarta – Mabes polri melalui Unit Cyber Crime-nya hingga kini masih berusaha mengungkap pembuat situs mediaislam-busroh.blogspot.com. Polri turut menantang para Hacker untuk mengungkap orang yang sudah mengaku sebagai Nur Din M Top.

    “Kan banyak hacker kita yang pintar di Indonesia. Ayo coba buktikan membela bangsa dan negara. Cari itu semua, berilah informasi. Nanti akan ketangkap,” tantang Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Nanan Soekarna.

    Hal tersebut dikatakan Nanan di lapangan Bhayangkara, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (31/7/2009).

    Nanan menambahkan, pihaknya mengaku belum dapat mengumumkan keberadaan pembuat blog tersebut, apakah berada di dalam negeri atau di luar negeri. Meski demikian, Nanan berjanji akan mengumumkannya apabila keberadaan pembuat blog tersebut sudah diketahui.

    “Kalau sudah tahu, saya umumkan,” tandas Nanan.

    Nanan berharap tidak hanya pihak kepolisian yang turut serta dalam menangani isu terorisme. “Ayo semuanya kita sama-sama memberantas terorisme ini,” ajak Nanan.

  11. diazhandsome says:

    weleh weleh… kudu hati-hati juga yah?? ckckckc…

  12. WANDI thok says:

    Kalo begitu sistem pengisian KRS OL malah gak efisien ya mas? πŸ™„

  13. adus says:

    blogwalking…. πŸ™‚
    salam kenyal ya… πŸ˜‰

  14. mas says:

    heummmmm gt yugh..???

  15. joe_rock says:

    wah.. ndak mudeng aku kalo sampe situ2 noh..
    hoh, tapi ndarai aku rak entuk kelas seng enak2 og.. asem.

  16. kolojengking says:

    Ada-ada aja ulah orang pinter ya mas, bikin susah orang lain senengnya. Padahal kan lebih baik ngajari saya, dari pada gak ada kerjaan terus nyusahin orang? Hi.hi.

    Salam Kojeng.

  17. kolojengking says:

    Sekalian minta ijin pasang link ke blog jenengan mas. Bisa ditengok ke TKP, link blog jenengan dah nampang dengan gagah di blogroll saya… πŸ™‚

  18. hery says:

    iya mas, kemarin aku juga pas input, eh keluar “maaf anda belum bayar” dasar, kaget aku, wong saya sudah jelas2 mbayar kog… udah gitu muncul function mysql error dsb… payah banget…. untung aja itu sistem buat internal kita sendiri, coba kalo untuk external, mau taruh mana muka kita… wong kampusnya no. 6 seindonesia…… tapi its ocay, salut buat adminnya, akhirnya bisa ngatasi semua dengan lancar, walaupun masih ada kekurangan. semoga untuk kedepan bisa lebih bagus, dan tampilanya bisa lebih diminimalkan, biar gak berat gitu….

  19. yadieet says:

    Ikut simpati.. n sekaligus semoga jadi pelajaran buat SIADIN | UDINUS.

    Udah lamaaa banget ak ngirim saran lewat HMTI supaya SIADIN dibenerin, di update, atau di revisi ulang (buat release baru) atau apalah..
    Yang paling buat ak kesel dari SIADIN adalah gak bisa dibuka dari “OperaMini” di HP Sony Ericsson ku. Dulu bingung kalo pas lagi pengisian KRS coz soalnya gak da warnet di hutan.

    InsyaAllah.. nanti ak tulis deh standarisasi (international 2009) pengamanan website lewat PHP dan contohnya, serta CODING MODEL nya..
    Dan satu lagi masalah CONCURRENCY yang belum ada pada pengisian KRS kemarin.

  20. t4ufik says:

    wah,aku yo capek ki mikirke KRS online tahunni,setiap kali aku masuk ga bisa,baru aku coba malam banget jam 2 baru bisa,penuh ya penuh,tapi kan ada mahasiswa yang terlantarkan ato tidak mendapatkan fasilitas yang efisien dengan masalah ini,tolong admin siadinnya segera di perbaiki website siadinnya,iar tuntasssssssssssss,,,,,,,,!!!!!!!!!!!

  21. L3S says:

    sama di unika juga gitu bro…. hehehe…. yah gpp sih semuanya harus dimulai dulu, jarang yang langsung berhasil tp gmn perbaikkan dari kelanjutannya ntar….

    Lowongan Kerja di update tiap hari …….KLIK DISINI

  22. paijo says:

    mantap abis tu hackernya….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *