Pantai Tirang : Potensi yang diabaikan

Terletak bersebalahan dengan pantai maron, pantai tirang secara geografis berada di Desa Tambakrejo, Tugurejo, Tugu, Kota Semarang. Akses kesana bisa melalui perumahan Graha Padma. Rencana awal kesana karena mau cari spot untuk spotting pesawat yang take-off atau landing dari Bandara Ahmad Yani yang kebetulan ujung landasannya deket area jalan menuju Pantai ini.

Akses jalan menuju pantai tirang, dari gapura masuk berjarak 1,5km setelah saya ukur dengan akurat pake google maps. dari mas-mas yang jaga bilangnya cuma 1km, meleset 500m. Kalo jalannya bagus sih gapapa, lha ini kayak offroad. Apalagi kalo abis hujan, jangan harap bisa sukses menapaki jalan pake motor matic atau bebek dengan keahlian mengemudi yang pas-pasan.

Jika tempat wisata ini dikembangkan lebih baik, akses jalan dibuat aspal atau minimal paving sebenarnya ada potensi besar yang bisa dimanfaatkan oleh penduduk lokal atau pemerintah setempat untuk menjaring wisatawan. Sepanjang jalan dari pintu masuk sepi, hanya sesekali terlihat kawanan bapak-bapak yang mancing menghabiskan waktu luang. Tiket masuk cukup bayar Rp. 5000,- per motor.

Sampai di sana, jangan berharap banyak bisa lihat hamparan pasir yang apik. Suasana pantai terlihat berantakan, ilalang dan rumput tumbuh tak beraturan. Banyak sampah berserakan, seperti tak ada perawatan sama sekali. Miris sih sebenarnya, sayang aja ada potensi besar yang tidak dilirik dan dimaksimalkan.

Tips kalau mau datang kesana, siapkan kacamata, tabir surya, skill mengemudi yang bagus, fisik prima, datang di pagi hari / sore dalam kondisi tidak hujan. Semoga tidak menyesal.

Mari kita dukung terus potensi wisata di Semarang.

Pantai Tirang

Flickr Album Gallery Powered By: WP Frank
Share this